Info Harian Laduni.ID: 16 Mei 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 16 Mei 2024
Sumber Gambar: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Kamis, 16 Mei 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Ahmad Djazuli Utsman, KH. M. Hasyim Latief, dan KH. Muhammad Adnan

KH. Ahmad Djazuli Utsman, yang akrab disapa KH. Mas’ud, lahir pada 16 Mei 1900 di Ploso. Beliau adalah anak ketujuh dari tiga belas bersaudara, putra dari Raden Mas M. Utsman, seorang penghulu kecamatan, dan Nyai Mas Ajeng Muntoqinah. Saudara-saudaranya antara lain Iskandar, Zarkasi, Miftahul ‘Arifin, Siti Maimunah, Siti Halimah, Abdulloh, Masjhud, Ardani, Siti Roihah, Siti Fatonah, Siti Aminah, dan Bairudin.

KH. Ahmad Djazuli Utsman menikah dengan Nyai Rodliyah dan dikaruniai 8 putra serta 3 putri. Anak-anak mereka adalah Siti Azizah (meninggal di usia 1 tahun), Hadziq (meninggal di usia 9 bulan), KH. A. Zainuddin Djazuli, KH. Nurul Huda Djazuli, KH. Hamim Djazuli (Gus Miek), KH. Fuad Mun’im Djazuli, Mahfudz (meninggal di usia 3 tahun), Makmun (meninggal di usia 7 bulan), KH. Munif Djazuli (Alm), Ibu Nyai Hajjah Lailatul Badriyah Djazuli, dan Su’ad (meninggal di usia 4 bulan).

KH. Ahmad Djazuli Utsman wafat pada 10 Januari 1976 dan dimakamkan di sebelah masjid kenaiban, Ploso, Kediri. Konon, anak-anak kecil di Ploso melihat langit bertabur kembang menjelang wafatnya beliau, menunjukkan betapa dihormati dan dicintainya beliau.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN