Tahun 395 M: Melacak Jejak Sejarah Bangsa Visigoth, Asal Usul dan Migrasi ke Spanyol

 
Tahun 395 M: Melacak Jejak Sejarah Bangsa Visigoth, Asal Usul dan Migrasi ke Spanyol
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Pada tahun 711 M, Islam berhasil menembus wilayah ini dan mengalahkan raja setempat di bawah kepemimpinan Thariq bin Ziyad serta Musa bin Nushair. Pada masa itu, kekhalifahan Islam berada di bawah pimpinan Al-Walid bin Abdul Malik.

Sebelum kita membahas lebih dalam bagaimana Islam berhasil menorehkan jejak peradabannya di Spanyol atau Andalusia, penting untuk memahami terlebih dahulu bangsa apa yang mendiami wilayah Andalusia sebelum kedatangan Islam. Bangsa ini nantinya memainkan peran penting dalam kemajuan dan perkembangan peradaban Islam di Andalusia.

Pengetahuan ini akan memberikan konteks sejarah yang lebih kaya dan komprehensif mengenai transformasi yang terjadi di kawasan tersebut.

Bangsa yang mendiami Andalusia sebelum kedatangan Islam adalah bangsa Visigoth, yang telah berbaur dengan orang-orang Romawi Barat selama beberapa abad. Untuk memahami lebih dalam tentang sejarah bangsa Visigoth dan pengaruh mereka di wilayah tersebut, mari simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Bangsa Visigoth

Bangsa Visigoth adalah salah satu suku Jermanik yang mendominasi sebagian besar wilayah Eropa Barat. Orang Goth kemungkinan berasal dari wilayah yang sekarang disebut Gdansk, Polandia, meskipun klaim ini masih diperdebatkan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN