Info Harian Laduni.ID: 22 Mei 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 22 Mei 2024

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Rabu, 22  Mei 2024 bertepatan dengan hari lahirnya KH. Ma’ruf Zubair
KH. Ma’ruf Zubair dilahirkan pada tanggal 22 Mei 1958 M (3 Dlulqo’dah 1377 H) di Sarang dan wafat hari Jum’at, 7 Ramadhan 1430 H (28 Agustus 2009 M) pada usia 51 tahun.

KH. Ma’ruf Zubair memulai perjalanan keilmuannya di bawah bimbingan langsung ayahnya, KH. Zubair Dahlan. Setelah kepergian sang ayah, beliau melanjutkan pencarian ilmu di bawah asuhan para masyayikh di Sarang. Tidak puas dengan ilmu yang diperoleh, semangatnya untuk menggali ilmu membawa beliau ke Pondok Pesantren Al-Barokah di Cilacap, di bawah bimbingan Syekh Mas’ud bin Muhyidin. Di sana, beliau memperdalam berbagai disiplin ilmu, baik agama maupun umum.

KH. Ma’ruf Zubair, dengan keahliannya, mengajar ribuan santri di Pondok Pesantren MUS bersama kakak iparnya, KH. Abdurrahim bin Ahmad. Beliau mengkhususkan diri dalam pengajaran kitab "Fathul Mu’in" setiap ba’da Ashar. Metode mengajarnya yang cerdas dan penuh humor membuat kitab-kitab yang sulit menjadi lebih mudah dipahami oleh para santri.

Selain di Pondok Pesantren MUS, beliau juga aktif mengajar di Madrasah Ghozaliyah Sya’fi’iyyah (MGS). Di sana, beliau berperan penting dalam menjaga identitas MGS dari tekanan untuk memasukkan ke dalam kurikulum formal. Hingga akhir hayatnya, KH. Ma’ruf Zubair tetap berdedikasi dalam mengajar dan menjaga kondisi fisik madrasah, meski kesehatannya menurun.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN