Info Harian Laduni.ID: 05 Juni 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 05 Juni 2024

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Rabu Pon, 05 Juni 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Dimyati Rois dan wafatnya KH. Hamim Tohari Djazuli, KH. Chasbullah Badawi, dan KH. Hasani Nawawie

KH. Dimyati Rois, yang lebih dikenal dengan panggilan Abah Dim, lahir pada 5 Juni 1945 di Tegal Glagah, Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Beliau adalah putra kelima dari sepuluh bersaudara dari pasangan KH. Rois dan Nyai Djusminah.

Saudara-saudaranya adalah Ny. Khanifah, KH. Tohari Rois, KH. Masduki Rois, H. Murai Rois, KH. Saidi Rois, Ny. Khotijah, KH. Syatori Rois, Ny. Mukoyah, dan Ny. Daroroh. Latar belakang KH. Dimyati Rois berasal dari keluarga petani dan santri, di mana kedua orang tuanya selalu mengajarkan taat beribadah kepada anak-anaknya.

Pada 1 Januari 1978, KH. Dimyati Rois menikah dengan Hj. To’ah, putri tunggal dari KH. Ibadullah dan Hj. Fatimah. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai sepuluh putra-putri. KH. Dimyati Rois selalu menekankan pentingnya pendidikan agama kepada anak-anaknya, meyakini bahwa proses pembelajaran adalah kunci untuk menjadi pandai.

KH. Dimyati Rois sejak kecil dikenal sebagai sosok pendiam, rajin, disiplin, dan ulet. Beliau memulai pendidikannya di SR (Sekolah Rakyat) dan melanjutkan ke Pondok Pesantren APIK, Kauman, Kaliwungu, Kendal, di bawah asuhan KH. Ahmad Ru’yat, selama sekitar 14-15 tahun.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN