Doa Nabi Khidir ketika Bersimpuh di Dinding Ka’bah

 
Doa Nabi Khidir ketika Bersimpuh di Dinding Ka’bah
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam sebuah pengajiannya, Syaikh Ramadhan Al-Buthi pernah menyampaikan satu doa yang dianjurkan agar dibaca setelah selesai melaksanakan shalat. Dikatakan bahwa doa ini sebagaimana di dalam sebuah riwayat, adalah berasal dari Nabi Khidir yang disampaikan kepada Sayyidina Ali saat berada di dekat Ka’bah.

Suatu ketika Sayyidina Ali sedang melaksanakan thawaf mengelilingi Ka’bah, tiba-tiba ia melihat seorang lelaki yang sedang bersimpuh di dinding Ka’bah seraya membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ يَا مَنْ لَا يَشْغَلُهُ سَمْعٌ عَنْ سَمْعٍ وَيَا مَنْ لَا تُغْلِطُهُ كَثْرَةُ الْمَسَائِلِ وَيَا مَنْ لَا يَتَبَرَّمُ بِإِلْحَاحِ عِبَادِهِ الْمُلِحِّيْنَ عَلَيْهِ أَذِقْنَا بَرْدَ رَحْمَتِكَ وَكَرَمَ اِسْتِجَابَتِكَ

“Duhai Allah, wahai Dzat yang tidak tersibukkan dengan mendengarkan apa pun, wahai Dzat yang tidak pernah keliru memberi kepada banyak peminta, wahai Dzat yang tak pernah bosan mendengarkan keluh-kesah hamba-Nya. Berikan kami sejuknya belas kasih-Mu dan mulianya pengabulan-Mu.”

Lalu Sayyidina Ali meminta agar orang tersebut membaca kembali doanya. Sebelum mengulangi, orang itu bertanya kepada Sayyidina Ali: “Apakah kamu mendengarkan doaku?”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN