Pesantren Mahirul Hikam Assalafi Susukan, Kab. Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Mahirul Hikam Assalafi Susukan, Kab. Semarang

Profil
Pondok Pesantren Mahirul-Hikam didirikan pada tahun oleh 1987 kemudian dibentuk yayasan pada tahun 1991 dengan nama “Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Umat Islam Assalafi (YPKUI) Assalafi”, didirikan oleh KH. M. Thoha S.Pd., M.Pd.

Seiring perkembangan zaman Pondok Pesantren Mahirul-Hikam telah memiliki lembaga pendidikan formal MTs Salafi yang berdiri pada 1993, SMA Salafi berdiri pada 2002, dan pada tahun 2012 berdiri SMK Wikrama 1.

Dalam kurikulum di Pondok Pesantren Mahirul-Hikam meski pendidikan modern masih tetap memakai metode salaf yakni mempelajari kitab-kitab klasik (kuning), yang diajarkan setelah para santri belajar di lembaga pendidikan formal.

Pondok Pesantren Mahirul-Hikam berlokasi di Jl. Soebowo Soepangat KM. 5, Ds. Kenteng, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sejarah
Pada tahun 1985 berdirilah Pondok Pesantren Mahirul-Hikam, dimulai dengan 40 orang santri mukim dan sekitar 90 orang santri yang nonmukim, dari tahun ke tahun bertambahlah santri di lingkungan Pondok ini, kemudian mulai tahun 1987 mulai diadakan pendidikan Madrasah Diniyah Assalafi, dari tingkat Madrasah Ibtida’, Al-Ula, dan Al-Wustho.

Dari tahun ketahun bertambahlah siswa dan santri pada Pondok ini, kemudian pada tahun 1991 diresmikanlah Pondok Pesantren ini dengan di Akta Notariskan atau sebagai Yayasan dengan nama “Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Umat Islam Assalafi (YPKUI) Assalafi” dengan Notaris, oleh Nur fari’ah latif S.H., tahun 1991. Dan Yayasan diketuai Langsung oleh pengasuh pesantren yaitu beliau Bpk. KH. M. Thoha S.Pd., M.Pd.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.