Tahun 720-725 M: Yazid bin Abdul Malik dan Gejolak di Basrah

 
Tahun 720-725 M: Yazid bin Abdul Malik dan Gejolak di Basrah
Sumber Gambar: Bing Image Creator, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Tahun 720 Masehi merupakan tahun kesedihan (seharusnya) bagi Bani Umayyah. Seorang yang zuhud dan bijaksana telah meninggal dunia, beliau adalah Umar bin Abdul Aziz (Umar II). Masa beliau penuh dengan kemakmuran, bahkan pergerakan dari para Khawarij dan Syi’ah mampu beliau kendalikan. Lalu, Bagaimana keadaan Bani Umayyah sepeninggal Umar bin Abdul Aziz?

Kekhalifahan Bani Umayyah kembali berada di tangan trah Umayyah ketika Yazid bin Abdul Malik naik takhta menggantikan Umar bin Abdul Aziz. Yazid bin Abdul Malik, yang juga dikenal sebagai Yazid II, mungkin tidak mencatat banyak pencapaian gemilang selama masa pemerintahannya. Namun, masa kekuasaannya menyimpan benih-benih yang dapat ditelusuri sebagai bagian dari munculnya pergerakan Dinasti Abbasiyah.

Yazid bin Mahlab berhasil melarikan diri dari penjara di Suriah setelah mendengar kabar bahwa Umar bin Abdul Aziz telah wafat. Yazid bin Mahlab adalah seorang tokoh yang memiliki kekuasaan dan pengaruh besar di Basrah. Sebelum penangkapannya oleh Al-Hajjaj yang terkenal dengan kekejamannya, Yazid memainkan peran penting dalam dinamika politik dan militer wilayah tersebut.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN