Info Harian Laduni.ID: 18 Juni 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 18 Juni 2024

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Selasa legi, 18 Juni 2024 bertepatan dengan hari lahir  KH. Ahmad Athoillah Bisri dan wafatnya KH. Muhammad Hidayat.

KH. Ahmad Athoillah Bisri, putra pertama dari KH. Bisri Syansuri dan Hj. Chadidjah, lahir di Jombang pada 18 Juni 1916 Masehi atau 17 Sya’ban 1334 Hijriah. Beliau menikah dengan Hj. Mahmulah, putri bungsu KH. Masyhoed, Pengasuh Pondok Pesantren Keprabon Solo, dan dikaruniai empat anak: Ahmad Hafidz Ahmad, Hamidah Ahmad, Halimah Ahmad, dan Hanifah Ahmad. Dalam keluarganya, beliau dikenal bijaksana dan mengutamakan keluarga.

KH. Ahmad Athoillah Bisri menjalani pendidikan 'nyantri keliling', belajar di Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar di bawah asuhan ayahnya hingga remaja, lalu melanjutkan ke Pondok Pesantren Tremas Pacitan bersama KH. Mu’thi Ali dan KH. Ali Ma’sum. Guru-guru yang berpengaruh dalam pendidikannya termasuk KH. Bisri Syansuri dan KH. Dimyati Termas.

Setelah menyelesaikan pendidikan, KH. Ahmad Athoillah Bisri mengabdi di pondok pesantren yang didirikan oleh ayahnya. Beliau menjadi asisten pengasuh, dan kemudian mengambil alih kepemimpinan ketika ayahnya mulai fokus menjadi anggota DPR. KH. Ahmad Athoillah Bisri dikenal menginginkan pembaharuan dalam pendidikan, seperti mendirikan madrasah Mabadi’ul Huda yang kemudian menjadi MTsN dan MAN Denanyar. Kitab yang menjadi ciri khas pengajarannya adalah Tafsir Jalalain, Syarah Ibnu Aqil, dan Kifayatul Ahyar.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN