Pesantren (Dayah) Darul Aman Darussalam, Kab. Aceh Besar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren (Dayah) Darul Aman Darussalam, Kab. Aceh Besar

Profil
Dayah Darul Aman Darussalam merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam dengan sistem pendidikan terpadu di antara pendidikan umum dan pendidikan agama, dengan mengoptimalkan jam pelajaran yang berbeda. Dayah ini didirikan pada tahun 1997 M oleh Alm. Abu H. Zakaria Muhammad Adami, yang kerap disapa Abu Zakaria. Beliau meninggal pada tahun 2012, kemudian kepemimpinan Dayah Darul Aman dialihkan kepada istrinya sebagai ketua yayasan bernama Hj. Cut Zubaidah yang kerap disapa dengan sebutan Bunda.

Bunda meninggal dunia pada tahun 2022 tepatnya pada tanggal 21 Juni 2022 yang kemudian kepemimpinan dialihkan kepada adik beliau Tgk. Teuku Abon Tajuddin Usman Al-Fauzi atau yang kerap disapa Abon.

Dayah Darul Aman sebagai wadah pembentukan pendidikan dan akhlak bagi masyarakat yang secara umum berfungsi sebagai lembaga tafaqquh fiddin (pemahaman ilmu agama) dan pendalaman ilmu-ilmu umum yang dibentuk agar santri mampu menghadapi dan menjawab tantangan zaman. Adapun kurikulum yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar ialah kurikulum penyesuaian Badan Pendidikan Dayah Aceh (badan dayah) dengan Kementrian Agama.

Lokasi Dayah Darul Aman terletak di Jalan Blang Bintang Lama Lorong Geutapang Gampong Lampuuk, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam. Dayah Darul Aman merupakan Lembaga Pendidikan Islam (yang menggabungkan pendidikan umum dan pendidikan agama. Sehingga santri juga mempelajari kitab turath di samping mendalami ilmu pengetahuan umum. Pendidikan formal dikoordinasikan oleh Drs. Lazuardi sebagai kepala sekolah MAN dan Drs. Mukhtarudin, M.Si., sebagai kepala MTSn.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.