Info Harian Laduni.ID: 21 Juni 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 21 Juni 2024

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Jumat wage, 21 Juni 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Muhammad Martain Karim dan Syeikh Sayyid Djamaluddin Assegaf Puang Ramma, dan wafatnya KH. Zainal Ilmi.

KH. Muhammad Martain Karim lahir pada 21 Juni 1942 di Benowo, Surabaya. Beliau merupakan seorang ulama yang memiliki perjalanan hidup dan dakwah yang panjang serta berpengaruh.

Kiyai Martain memiliki delapan anak, yang di antaranya telah berkiprah dalam berbagai bidang seperti pemerintahan, wirausaha, LSM, dan akademisi. Beliau wafat pada 23 September 2020 dan dimakamkan di TPU Glonggong, Temas, Batu.

Dalam menuntut ilmu, Kiyai Martain mengembara di berbagai pesantren besar seperti Pondok Pesantren Tambak Beras dan Lasem. Beliau juga meraih gelar sarjana muda dari Fakultas Tarbiyah Universitas Sunan Giri Surabaya pada tahun 1973.

Sebagai seorang pendiri pesantren, Kiyai Martain mendirikan Pondok Pesantren Al-Hidayah di Batu pada tahun 1977. Pesantren ini tidak hanya menjadi tempat pendidikan agama, tetapi juga menyediakan pendidikan formal untuk santri miskin, terlantar, dan yatim piatu. Kiyai Martain mendedikasikan hidupnya untuk mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan.

Dalam dakwahnya, Kiyai Martain terlibat aktif dalam mendirikan pesantren dan madrasah di berbagai tempat, serta menjadi pemimpin di Jamiyah Thoriqoh Muktabaroh An-Nahdliyyah Jawa Timur. Beliau juga menulis beberapa kitab, termasuk Kitab Mahdul Athfal, Al-Khozanah, dan Kanzus Suyuf, yang menjadi acuan dalam berbagai kegiatan keagamaan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN