Info Harian Laduni.ID: 24 Juni 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 24 Juni 2024

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Senin pahing, 24 Juni 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Ahsin Syifa Aqil Siroj dan wafatnya KH. Ahmad Marzuqi Zahid, KH. Muhammad Adnan, Habib Husein bin Abu Bakar Alaydrus, dan KH. Muhammadun.

KH. Ahsin Syifa Aqil Siroj
KH. Ahsin Syifa Aqil Siroj, yang lebih dikenal sebagai Kang Ahsin, adalah sosok yang mungkin tidak begitu dikenal oleh masyarakat luas, namun memiliki kontribusi besar dalam kemajuan Pesantren Kempek. Lahir pada 24 Juni 1960 dari pasangan KH. Aqil Siroj dan Nyai Hj. Afifah Harun, pendiri Pesantren Kempek, beliau adalah saudara dari tokoh-tokoh terkenal seperti Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj dan KH. Muhammad Mushtofa Aqil Siroj.

Kang Ahsin menikah dengan Nyai Hj. Iin Muhsinah, putri dari KH. Abdul Halim. Pernikahan ini dikaruniai satu putra yang meninggal saat bayi dan dua putri, Ustdz. Aniqoh Dinah dan Dzikro Musyriqoh. Kang Ahsin merupakan dzurriyah Rasulullah ke-41, dengan garis nasab yang meliputi Nabi Muhammad SAW, Sayyidina Hussain, hingga KH. Aqil Siroj. Beliau wafat pada 12 April 2015, meninggalkan pesantren, istri, dan dua anaknya. Peringatan 40 hari wafatnya diadakan di Pesantren KHAS Kempek Cirebon.

Pendidikan Kang Ahsin di Pesantren Kempek dibimbing langsung oleh ayahnya, KH. Aqil Siroj, dan juga KH. Umar Sholeh. Dikenal karena filosofi pengajarannya yang mendalam dan cara berpikirnya yang bijaksana, beliau selalu menekankan pentingnya sikap ramah dan hormat dalam berinteraksi. Dedikasinya pada Pesantren Kempek mencakup pengasuhan santri dan kontribusi pada perkembangan pesantren. Meskipun tidak terlibat secara struktural dalam Nahdlatul Ulama (NU), pemikirannya banyak berkontribusi pada organisasi ini dan masyarakat luas.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN