Pilar Kejayaan: Kemajuan Peradaban Islam di Era Dinasti Umayyah

 
Pilar Kejayaan: Kemajuan Peradaban Islam di Era Dinasti Umayyah
Sumber Gambar: Bing Image Creator, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap peradaban yang mampu bertahan selama berabad-abad tentu memiliki faktor-faktor kunci yang berkontribusi terhadap ketahanannya. Salah satu faktor utama adalah pencapaian yang diraih oleh peradaban tersebut.

Bagaimana suatu peradaban diterima oleh masyarakat dan apa yang dilakukan oleh para pemimpin memainkan peranan penting dalam keberlanjutannya.

Artikel ini akan memusatkan perhatian pada masa kejayaan pemerintahan Dinasti Umayyah, mengeksplorasi pencapaian besar yang mereka raih serta kebijakan-kebijakan yang membuat peradaban ini begitu berpengaruh dan mampu bertahan lama.

Dalam bidang militer, kita telah menyaksikan betapa hebatnya pasukan Dinasti Umayyah dalam melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah yang sangat jauh. Hingga akhir masa kekuasaannya, Dinasti Umayyah berhasil menapakkan jejak kekuasaannya dari Timur, mencapai Sind di India, hingga ke Barat, mencakup Andalusia, bahkan sekitar 70% wilayah Prancis.

Ekspansi ini membuka peluang bagi pencapaian lainnya, seperti kemajuan jalur perdagangan bangsa Arab yang semakin pesat dengan penggunaan Jalur Sutra, yang menghubungkan Arab dengan Tiongkok dan India.

Perdagangan ini turut mempengaruhi pengembangan pertanian, dengan banyak tumbuhan dari Asia dibawa ke tanah Arab. Dalam bidang pertanian, pengembangan sistem irigasi dan kincir air Dinasti Umayyah memainkan peran penting dalam kemajuan pertanian masyarakat Arab.

Angkatan laut Dinasti Umayyah juga tidak kalah hebatnya dengan Romawi, menunjukkan keunggulan mereka dalam dominasi maritim. Keunggulan armada laut Dinasti Umayyah ini juga memberikan mereka pengaruh kuat dalam perdagangan di Laut Merah, yang menghubungkan Arab dengan Eropa Barat dan Spanyol.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN