Peringatan dan Ancaman Keras Al-Qur’an terhadap Tindakan Pembunuhan

 
Peringatan dan Ancaman Keras Al-Qur’an terhadap Tindakan Pembunuhan
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Islam adalah agama yang menekankan pada kedamaian, keadilan, dan perlindungan terhadap kehidupan manusia. Salah satu prinsip fundamental dalam Islam adalah larangan membunuh, kecuali dalam keadaan yang sangat terbatas dan terperinci. Artikel ini akan mengkaji secara mendalam larangan pembunuhan dalam Islam dengan menyertakan dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadis, baik dalam bahasa Arab maupun terjemahannya.

Pembunuhan dianggap sebagai salah satu dosa besar dalam Islam. Allah SWT dan Rasulullah SAW telah memberikan petunjuk yang jelas mengenai nilai kehidupan manusia dan larangan untuk mengambil nyawa seseorang tanpa alasan yang benar. Nilai ini ditegaskan dalam berbagai ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabi Muhammad SAW.

Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam memuat banyak ayat yang menegaskan larangan pembunuhan.

Allah SWT berfirman:

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِيٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَنَّهُۥ مَن قَتَلَ نَفْسًۭا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍۢ فِى ٱلْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ ٱلنَّاسَ جَمِيعًۭا ۖ وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَآ أَحْيَا ٱلنَّاسَ جَمِيعًۭا ۚ وَلَقَدْ جَآءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِٱلْبَيِّنَٰتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًۭا مِّنْهُم بَعْدَ ذَٰلِكَ فِى ٱلْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN