Memahami Pesan Nabi “Ipar Adalah Maut”

 
Memahami Pesan Nabi “Ipar Adalah Maut”
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Pernikahan adalah perbuatan mulia yang merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dengan pernikahan itu hubungan suami istri diikat dengan nama Allah SWT. Karenanya, hubungan ini menjadi suci yang jika ternodai dengan adanya hubungan selingkuh, maka akan mendapatkan murka dari Allah SWT.

Sementara perbuatan zina yang tentu menegasikan semangat pernikahan itu sangat dilarang oleh Allah SWT. Jangankan melakukannya, mendekatinya saja juga diharamkan. Allah SWT berfirman:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

“Janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya (zina) itu adalah perbuatan keji dan jalan terburuk.” (QS. Al-Isra’: 32)

Hal ini menunjukkan adanya larangan tegas sebab zina disebut sebagai perbuatan keji dan jalan terburuk. Karena itu, sangat diwanti-wanti agar jangan mendekati perbuatan tersebut.

Hubungan rumah tangga antara suami dan istri yang diikat dengan nama Allah SWT tidak sepatutnya runtuh dan berantakan karena adanya hubungan dengan orang lain yang tidak sah. Karena itu, bagi suami istri harus saling terbuka dan terjalin dengan baik agar selalu tumbuh rasa cinta, kasih sayang dan ketenteraman di antara keduanya.

Tetapi terkadang secara tidak langsung, hubungan yang suci tanpa disengaja ternodai karena kedekatan pada seseorang yang awalnya dianggap sebagai bagian dari keluarga sendiri, misalnya tumbuh kedekatan dengan ipar.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN