Info Harian Laduni.ID: 3 Juli 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 3 Juli 2024
Sumber Gambar: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Rabu legi, 3 Juli 2024 bertepatan dengan hari lahir Syekh Muhammad Yusuf Al-Makassari, KH. Said Aqil Siradj, Syekh Abdullah Musthafa Nasution, dan wafatnya KH. Ali Yasin, dan KH. Jafar Sodiq Syuhud.

Syekh Muhammad Yusuf Al-Makassari
Syekh Muhammad Yusuf Al-Makassari lahir pada 3 Juli 1628 Masehi atau bertepatan dengan 8 Syawal 1036 Hijriah. Beliau berasal dari keluarga bangsawan di Gowa, dengan ibunya, Aminah, sebagai putri dari Gallarang Moncongloe. Sejak kecil, Syekh Yusuf menunjukkan minat yang besar dalam ilmu agama. Ia belajar Al-Qur'an di tanah Bugis dan melanjutkan studi bahasa Arab di Pesantren Bontoala di bawah bimbingan ulama terkemuka seperti Sayyid Ba'alawi bin Abdullah.

Selain itu, Syekh Yusuf juga melakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk menimba ilmu, termasuk ke Aceh, Yaman, Madinah, dan Turki. Dalam perjalanan ini, beliau mengasah pengetahuan dan spiritualitasnya sebelum kembali ke Nusantara untuk mengajar. Syekh Yusuf juga melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk menunaikan ibadah haji dan ziarah, sambil mengajar murid-murid dari Nusantara lainnya.

Warisannya dalam pengembangan tasawuf dan penyebaran Islam sangat terasa di kalangan Muslim Bugis dan Nusantara pada umumnya. Akibat perlawanannya terhadap penjajahan, Syekh Yusuf diasingkan oleh pemerintah Belanda ke Ceylon (sekarang Sri Lanka) dan kemudian Afrika Selatan. Di sana, beliau memimpin komunitas Muslim yang kuat, mempertahankan nilai-nilai Islam, dan dihormati sebagai pejuang kemanusiaan. Penghargaan Oliver Thambo pada tahun 2009 menegaskan pengaruhnya yang masih dirasakan hingga kini.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN