Pesantren Al-Mukhtar Adipala, Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Al-Mukhtar Adipala, Cilacap

Profil
Pondok Pesantren Al-Mukhtar yang terletak di Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap didirikan pada tanggal 1 Maret 2002 oleh Kyai Achmad Tamam, seorang ulama yang berasal dari daerah tersebut. Pendirian Pondok Pesantren ini pada hakikatnya dilandasi oleh rasa tanggung jawab pribadi beliau selaku hamba Allah untuk menyeru kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran serta adanya tanggung jawab sosial sebagai anggota masyarakat terhadap anak yatim piatu dan dhu’afa untuk membina dan mendidik umat dalam mempelajari, memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Pemberian nama Al-Mukhtar, di samping merupakan usulan dari KH. Ahmad Mustholih Badawi Hanafi seorang ulama besar di Kabupaten Cilacap, juga merupakan hasil dari musyawarah bersama yang kemudian menyetujuinya sebagai nama pondok pesantren tersebut. Dengan dipilihnya nama “Al-Mukhtar” yang mempunyai arti “Yang Dipilih” ini diharapkan Pondok Pesantren Al-Mukhtar di samping bisa menjadi lembaga pendidikan Islam, juga sebagai tempat mendalami agama (tafaqquh fi addien), yang mampu memberikan sinar pencerahan dan menerangi serta mengarahkan umat dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat (al-sa’adah fi al-darayn).

Pondok Pesantren Al-Mukhtar mayoritas (90%) para santrinya merupakan kaum dhu’afa dan yatim piatu yang berasal dari masyarakat sekitar dan dari berbagai daerah di Kabupaten Cilacap dan Banyumas bahkan berasal dari luar jawa.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.