Info Harian Laduni.ID: 05 Juli 2024

 
Info Harian Laduni.ID: 05 Juli 2024
Sumber Gambar: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai pengingat kita semua, hari ini Jumat Pon, 05 Juli 2024 bertepatan dengan hari lahirnya KH. Maulana Imam Syuhadak, KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ, MA, KH. Tb. A. Rafe’i Ali, KH. Moch. Chaedar Zuhri, dan wafatnya KH. Zainuddin MZ, dan KH. Hasyim Afandi.

KH. Maulana Imam Syuhadak
KH. Maulana Imam Syuhadak, yang akrab disapa Abah Syuhadak, lahir di Desa Menampu, Jember, pada tanggal 5 Juli 1942, putra dari bapak Mujahid dan ibu Nasihatun.

Pada tahun 1986, beliau menikahi Ibu Nyai Hj. Umi Salamah Syuhadak, putri dari Bapak Sumarlin dan Ibu Fathonah. Mereka diberkahi dengan empat orang putra-putri. Pada saat itu, beliau sudah memiliki lebih dari 15 santri.

KH. Maulana Imam Syuhadak menempuh perjalanan menuntut ilmu di berbagai pondok pesantren di Jawa. Beliau belajar di Pondok As-Suniyah Kencong di bawah asuhan Kyai Jauhari Zawawi selama sekitar tiga tahun. Selanjutnya, beliau melanjutkan ke Syekh Hayyi Malang di Macanbang, Tulungagung, dan kemudian kepada Abah Yai Jauhari Umar di Pasuruan. Terakhir, beliau menimba ilmu dari Kyai Ahmad Muzaky, yang menginspirasi beliau untuk mendirikan Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

KH. Maulana Imam Syuhadak adalah sosok yang gigih dalam mendirikan pondok pesantren dengan metode pengajaran Sorogan, Wetonan, dan Sekolah Diniyah. Pesantrennya, yang bermula dari merehabilitasi Masjid Jami'atul Huda pada tahun 1986, tumbuh pesat dengan dukungan pemerintah dan masyarakat setempat. Hingga akhirnya, pada tanggal 30 Desember 1992, Yayasan Pondok Pesantren Wali Songo didirikan untuk menaungi semua kegiatan pendidikan dan dakwah yang beliau usahakan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN