Habib Umar bin Hafidz: Pengaruh dan Prestasinya Hingga Menjadi Nomor 1 “The World's Most Influential Muslims”

 
Habib Umar bin Hafidz: Pengaruh dan Prestasinya Hingga Menjadi Nomor 1 “The World's Most Influential Muslims”
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Habib Umar bin Hafidz, seorang ulama besar dan tokoh spiritual dari Yaman, telah mendapatkan pengakuan internasional atas kontribusinya dalam menyebarkan ilmu agama dan mempromosikan perdamaian.

Pada tahun 2024, beliau dinobatkan sebagai tokoh nomor 1 dalam daftar “The World's Most Influential Muslims”, sebuah penghargaan yang mengakui pengaruhnya yang sangat luas dalam dunia Islam. Hal ini berdasarkan lembaga riset independen The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang telahi merilis 500 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia 2024.

Dalam laporan themuslim500.com, Habib Umar bin Hafidz merupakan keturunan langsung Nabi Muhammad SAW generasi ke-39. Beliau dinobatkan sebagai salah satu ulama, pembimbing spiritual, dan dai terkemuka dalam tradisi Islam saat ini. Posisinya yang menonjol dalam Thariqoh Ba’alawi memperluas pengaruhnya hingga ratusan juta Muslim di seluruh dunia.

Sekilas Riwayat Hidup

Habib Umar bin Hafidz lahir pada 27 Mei 1963 di Tarim, Hadhramaut, Yaman. Beliau berasal dari keluarga yang dikenal sebagai keturunan langsung Nabi Muhammad SAW.

Sejak kecil Habib Umar telah menunjukkan minat yang besar terhadap ilmu agama, belajar di bawah bimbingan ayahnya, Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz, yang juga seorang ulama terkemuka. Tetapi sayang, dikabarkan ayahnya tersebut diculik oleh sekelompok orang yang tak dikenal, sementara beliau saat itu masih kecil. Habib Umar tak pernah tahu ke mana ayahnya dibawa pergi. Hari itu, hari jumat terakhir ayahnya ada bersamanya, tapi kemudian menghilang tanpa pernah kembali sama sekali. Lalu tersebarlah kabar ayahnya telah meninggal dunia, tapi entah di mana tempatnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN