Tahun 830 M : Al-Khawarizmi dan Karya-Karya Monumentalnya

 
Tahun 830 M : Al-Khawarizmi dan Karya-Karya Monumentalnya
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Al-Khawarizmi, seorang ilmuan Muslim terkemuka dari abad ke-9, adalah sosok yang dikenal luas karena sumbangsihnya yang luar biasa dalam bidang disiplin ilmu. Ia sangat berperan penting dalam masa keemasan ilmu pengetahuan di dunia Islam yang dikenal sebagai golden age atau dalam bahasa Indonesia sebagai zaman keemasan. 

Perlu kita ketahui, bahwa ia tidak hanya menguasai satu bidang ilmu pengetahuan matematika saja, tetapi juga memberikan kontribusi besar di banyak cabang ilmu pengetahuan, termasuk astronomi, geografi, dan bahkan pengembangan metode ilmiah yang telah mempengaruhi generasi-generasi setelahnya. Karyanya yang menggabungkan pengetahuan dari berbagai sumber kuno dan memberikan deskripsi geografis yang akurat, membuka jalan bagi pembentukan peta dan navigasi yang lebih presisi.

Artikel ini akan menelusuri lebih jauh karya-karya monumental Al-Khawarizmi, mengekplorasi bagaimana setiap kontribusinya tidak hanya menjadi landasan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia Islam, tetapi juga memberikan pengaruh jangka panjang terhadap ilmu pengetahuan global, termasuk di dunia Barat.

 1. Algebra (Al-Kitab al-Mukhtasar fi Hisab al-Jabr wa'l-Muqabala)

Al-Kitab al-mukhtaṣar fī ḥisab al-jabr wa-l-muqabala (Arab: الكتاب المختصر في حساب الجبر والمقابلة ) atau Kitab yang merangkum perhitungan pelengkapan dan penyeimbangan adalah buku matematika yang ditulis pada tahun 830 Masehi. Kitab ini merangkum definisi aljabar. Terjemahan ke dalam bahasa Latin dikenal sebagai

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN