Pesantren Roudlotul Muta’allimin-Muta’allimat Sidoarjo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Roudlotul Muta’allimin-Muta’allimat Sidoarjo

Profil
Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin-Muta’allimat terletak di Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin-Muta’allimat didirikan sekitar tahun 1965 oleh KH. Achmad Aruqot, beliau adalah seorang ulama’ dan tokoh masyarakat yang sangat disegani oleh masyarakat sekitar.

Dengan segala upaya KH. Achmad Aruqot berusaha untuk mengembangkan lembaga pendidikan pondok pesantren tersebut. Setelah berhasil mendirikan Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin (pondok khusus putra) dengan santri kurang lebih berjumlah 10 orang saat pendiriannya yang berasal dari daerah yang berlainan, beliau kemudian mendirikan Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimat (pondok khusus putri) bersama menantunya yaitu KH. Chayyun, dengan jumlah santri putri kira-kira 15 orang.

Dari tahun ke tahun, santri pondok pesantren Roudlotul Muta’allimin-Muta’allimat semakin banyak, sehingga KH. Achmad Aruqot menyerahkan Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimat ke menantunya yakni KH. Chayyun. KH. Achmad Aruqot hanya mengelola pondok khusus putra yang dikenal dengan nama Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin.

Setelah KH. Achmad Aruqot wafat yaitu pada tahun 1970, maka perjuangan beliau diteruskan oleh KH. Moh. Asif Aruqot yang merupakan anak ke-5 dari KH. Achmad Aruqot dan dibantu oleh saudara-saudaranya, Di antaranya yaitu KH. Muhaimin Aruqot dan KH. Qurrotul Aini. Sementara pondok Putri yang diasuh oleh KH. Chayyun diteruskan oleh KH. Machfudz Chayyun, KH. Muharror Chayyun.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.