Pesantren Miftahul Jannah Kroya, Kabupaten Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Miftahul Jannah Kroya, Kabupaten Cilacap

Profil
Pondok Pesantren Miftahul Jannah merupakan salah satu dari Lembaga Pendidikan Islam Tradisional yang berlokasi di Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Penduduk Desa Sikampuh pada umumnya bercocok tanam atau buruh tani, hanya sebagian kecil penduduknya memilih wiraswasta.

Lokasi Pondok Pesantren Miftahul Jannah berada di sebelah barat Kecamatan Kroya, tepatnya berada di Jalan trengguleng RT 01 RW 01 Grumbul Sikampuh Wetan, Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Pondok pesantren ini sudah dikenal oleh masyarakat Kroya dan sekitarnya.Pesantren ini resmi berdiri pada tanggal 27 Rajab 1426 H, yang bertepatan dengan 1 September 2005, pendiri pondok pesantren ini adalah H. Sadar Masdar S.H., yang bekerja sama dengan tokoh masyarakat Desa Sikampuh, khususnya pengasuh majelis taklim pada saat itu, yaitu Kyai Syuhaibul Umami, sebagai salah satu pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Jannah hingga sekarang.

Pada masa awal sebelum berdirinya Pondok Pesantren Miftahul Jannah, sekitar tahun 1998 di Desa Sikampuh telah ada majelis taklim yang berpusat di dua mushala, satu mushala digunakan untuk belajar santri putra dan mushala yang lainnya digunakan untuk belajar santri putri. Kedua majlis taklim tersebut diasuh oleh Kyai Syuhaibul Umami. Pada saat itu, pembelajarannya masih menggunakan metode dan media yang sangat sederhana. Selang beberapa tahun, mushala yang dipakai untuk majelis taklim santri putra diperbaiki dan dibangun menjadi sebuah masjid.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.