Terjemah Kitab Safinatun Naja Fasal 16 | Rukun Rukun Tayamum

 
Terjemah Kitab Safinatun Naja Fasal 16 | Rukun Rukun Tayamum
Sumber Gambar: Tim Laduni.ID, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Fasal ini membahas tentang rukun rukun tayamum dari kitab Safinatun Naja disertai dengan Penjelasan (Syarah) dari kitab Kasyifatus Saja Karangan Imam Nawawi Al Bantani. Semoga Allah merahmati mereka berdua dan semoga kita dapat menerima manfaat dari ilmu ilmu mereka. aamiin yaa Allaah yaa Robbal Aalamiin. Kami telah menuliskan matan dari kitab safinatun naja disertai dengan terjemah dalam bahasa Indonesia. dan kami juga telah muliskan penjelasan dari kitab Kasyifatus Saja yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Rukun rukun tayamum

(فَصْلٌ) فروض التيمم خمسة الأول نقل التراب الثانى النية الثالث مسح الوجه الرابع مسح اليدين الى المرفقين الخامس الترتيب بين المسحتين.

Fardu fardu tayamum ada lima: yang pertama memindahkan debu yang kedua niat yang ketiga mengusap wajah yang keempat mengusap kedua tangan yang kelima tartib antara dua usapan.

Penjelasan Imam Nawawi dalam kitab Kasyifatus saja

[Fasal ini menjelaskan] tentang rukun-rukun tayamum. Tayamum disebut juga dengan istilah mutohir mubih (perkara yang mensucikan yang memperbolehkan).

[Fardhu-fardhu] atau rukun-rukun [tayamum ada 5 (lima)].

Syarqowi berkata bahwa pendapat muktamad menyebutkan bahwa rukun-rukun tayamum ada 7 (tujuh) dengan menghitung debu dan qosdu (menyengaja) sebagai masing-masing rukun tersendiri. Adapun 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN