Mengapa Rabiul Awal Begitu Istimewa? Peristiwa-Peristiwa Bersejarah yang Mengubah Dunia Islam

 
Mengapa Rabiul Awal Begitu Istimewa? Peristiwa-Peristiwa Bersejarah yang Mengubah Dunia Islam
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Bulan Rabiul Awal, merupakan bulan ketiga dalam kalender Hijriah, memiliki tempat istimewa dalam sejarah Islam. Sebagai bulan yang diwarnai dengan peristiwa-peristiwa bersejarah yang memengaruhi peradaban Islam dan dunia secara luas, Rabiul Awal sering dipandang sebagai salah satu bulan yang sarat makna spiritual dan historis.

Dalam Artikel ini akan kami bahas apa saja peristiwa-peristiwa bersejarah pada bulan Rabiul Awal. Tetapi untuk mempermudah pembahasan, kami akan membuat menjadi 3 sub-bab, yaitu pada masa Rasulullah SAW, masa Khulafaurrasidin, dan masa dinasti-dinasti Islam.

Masa Rasulullah SAW

Pada masa Rasulullah SAW terjadi banyak sekali peristiwa pada bulan Rabiul Awal. Salah satu yang paling utama tentu saja, kelahiran sosok junjungan kita semua itu sendiri. Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun 570 Masehi.

Begitupula dengan wafatnya sosok agung tersebut, Rasulullah SAW juga wafat pada bulan ini, tepatnya pada hari Senin, 12 Rabiul Awal tahun 632 Masehi. Tidak lupa juga, momen ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, ya meskipun hijrah dimulai pada bulan Safar, perjalanan Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah mencapai puncaknya pada bulan Rabiul Awal.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN