Tahun 793 M: Saat Viking Menginjakkan Kaki di Inggris untuk Pertama Kali

 
Tahun 793 M: Saat Viking Menginjakkan Kaki di Inggris untuk Pertama Kali
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Pada tahun 793 Masehi, sebuah peristiwa mengguncang Inggris yang dikenal sebagai awal mula dari serangan bangsa Viking. Biara Lindisfarne, sebuah pusat agama dan budaya yang terletak di pantai timur laut Inggris, diserang oleh kelompok Viking dari Skandinavia.

Serangan brutal ini tidak hanya mengejutkan masyarakat Inggris, tetapi juga mengubah pandangan Eropa tentang bangsa utara yang sebelumnya lebih dikenal sebagai pedagang dan petani.

Teror yang diakibatkan oleh serangan tersebut menandai dimulainya periode invasi Viking yang akan mendominasi Eropa Barat selama beberapa abad ke depan. Peristiwa ini dikenal sebagai salah satu tonggak sejarah yang menandai dimulainya "Zaman Viking".

Siapa Itu Viking?

Viking yang akan menjadi topik pembicaraan artikel ini bukan salah satu suporter sepak bola liga 1 ya sobat hehehe, melainkan orang-orang yang berasal dari Skandinavia. Skandinavia sendiri merupakan salah satu Negara Eropa Utara yang bila dikonversi dengan peta dunia saat ini berada di wilayah Denmark, Swedia, dan Norwegia.

Perlu kita ketahui bahwa Viking sendiri bukan sebuah bangsa, namun itu adalah sebutan dari orang-orang Inggris kepada orang Skandinavia. Mereka juga dikenal sebagai pelaut ulung dan penakluk yang tangguh. Selain itu, umumnya mereka memiliki sebuah profesi berupa bertani, berternak, nelayan dan pembuat pakaian.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN