Dinasti-Dinasti Kecil yang Berdiri Berdampingan dengan Dinasti Abbasiyah

 
Dinasti-Dinasti Kecil yang Berdiri Berdampingan dengan Dinasti Abbasiyah
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Apakah kamu mengetahui, bahwa selama Dinasti Abbasiyah berkuasa, banyak dinasti-dinasti kecil yang memisahkan diri dan lebih memilih membentuk kekuasaan otonom? Fenomena ini terjadi karena berbagai alasan.

Di satu sisi, dinasti-dinasti kecil tersebut mungkin merasa muak dengan perseteruan internal yang melanda pemerintahan pusat Dinasti Abbasiyah. Di sisi lain, kekuasaan pusat sepertinya juga tidak terlalu peduli dengan mereka, karena mereka lebih sibuk mengurusi konflik dan masalah internalnya sendiri.

Akibatnya, dinasti-dinasti kecil ini mulai mengambil langkah untuk mengatur wilayah mereka secara mandiri. Ya walaupun beberapa diantara mereka masih tetap mengakui kekuasaan Dinasti Abbasiyah sih. Inilah beberapa dinasti-dinasti kecil yang berdiri sezaman dengan Dinasti Abbasiyah yang berhasil kami rangkum.

Marilah kita mulai dari wilayah barat Dinasti Abbasiyah:

Dinasti Idrisiyah (788-974 M)

Dinasti Idrisiyah didirikan oleh Idris bin Abdullah, masih keturunan Ali bin Abi Thalib, setelah ia melarikan diri dari pertempuran melawan pasukan Abbasiyah di Iraq. Ia berhasil membangun kekuatan di Maroko pada 788 Masehi dan mendirikan dinasti yang menjadi basis Islam beraliran Syi’ah di Maroko. Dinasti ini mendapat dukungan yang hebat dari suku Berber, yang memperkuat legitimasi mereka di mata penduduk setempat. Puncak kejayaan dinasti ini di bawah kekuasaan Idris II, namun kemudian terpecah menjadi beberapa bagian dan akhihrnya jatuh di bawah tekanan Dinasti Fatimiyah pada abad ke-10

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN