Membangun Keharmonisan dalam Kehidupan Bermasyarakat

 
Membangun Keharmonisan dalam Kehidupan Bermasyarakat
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, bahwa Islam adalah agama yang menekankan pentingnya persaudaraan di antara sesama umat. Persaudaraan ini bukan sekadar hubungan fisik, melainkan hubungan yang dibangun di atas fondasi iman.

Dalam Islam, ikatan di antara orang-orang beriman (Mukmin) sangat kuat, bahkan lebih kuat daripada ikatan darah dalam banyak hal. Persaudaraan ini memiliki landasan yang kokoh dalam Al-Qur'an dan Hadis serta direfleksikan dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan.

Salah satu ayat yang sering dikutip untuk menggambarkan persaudaraan di antara orang Mukmin adalah firman Allah berikut:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara. Karena itu, damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat: 10)

Dari sini jelas dapat diketahui bahwa ikatan persaudaraan adalah bagian integral dari keimanan seorang Mukmin (Muslim). Allah menegaskan dengan menyebut orang-orang Mukmin sebagai "ikhwah" (saudara). Hal ini menunjukkan betapa kuatnya hubungan mereka. Allah juga memerintahkan agar konflik di antara mereka diselesaikan dengan perdamaian dan takwa. Tidak lain demikian itu karena persaudaraan adalah kunci keberkahan hidup dalam masyarakat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN