Pesantren Al-Huda Petak Susukan, Kab. Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Al-Huda Petak Susukan, Kab. Semarang

Profil
Pondok Pesantren Al-Huda adalah pondok pesantren yang berada di Dusun Petak, Desa Sidoharjo, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa Sidoharjo adalah salah satu desa dari 13 lainnya di Kecamatan Susukan yang merupakan daerah agraris dengan tanah yang subur, tepatnya di sebelah barat Desa Susukan dan sebelah timur Desa Koripan.

Sedangkan Dusun Petak adalah bagian paling timur di Kabupaten Semarang yang terletak 25 kilometer sebelah selatan-timur Kota Salatiga. Pondok Pesantren Al-Huda adalah salah satu pondok pesantren tertua di Jawa yang memadukan Salafiyah Thoriqoh dan juga sekolah formal lengkap dengan muatan unggulan serta ekstrakulikulernya.

Pendalaman Salafiyah Thoriqoh-nya berupa Thoriqah Naqsyabandiyyah Kholidiyah, sedangkan pendidikan formalnya mencakup RA Miftahul Ulum, MI Miftahul Ulum dan SMK terpadu Al-Huda. B. Sejarah Pondok Pesantren Al-Huda Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Al-Huda di Dusun Petak, Desa Sidoharjo, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang tidak terlepas dari sebuah nama, yaitu KH. Muhammad Rozi. Beliau pendiri Pondok Pesantren Tegalsari. Beliau merupakan anak dari Kyai Imam Rozi (pionir dan pendiri Pondok Pesantren Tempursari, Klaten).

Pangeran Diponegoro memberikan gelar Singo Manjat kepada Kyai Imam Rozi, sekaligus beliau juga merupakan salah satu pengawal setia dari Pangeran Diponegoro. Kyai Imam Rozi kemudian menikahkan putranya dengan seorang wanita sholehah asal Kecamatan Susukan, Dusun Petak, Desa Sidoharjo, Kabupaten Semarang.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.