Khutbah Jumat: Komitmen Menjaga Lingkungan Berlandaskan Keteladanan Nabi Muhammad SAW

 
Khutbah Jumat: Komitmen Menjaga Lingkungan Berlandaskan Keteladanan Nabi Muhammad SAW
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

KHUTBAH I

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا، وَجَعَلَ الْإِنْسَانَ خَلِيفَتَهُ فِي الْأَرْضِ، وَأَمَرَهُ بِالْحِفَاظِ عَلَيْهَا، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِينَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللَّهِ، أُوصِيكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللَّهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُونَ.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Marilah kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dan ketahuilah bahwa salah satu bentuk ketakwaan itu adalah menjaga amanah besar yang Allah titipkan kepada kita, yaitu bumi dan segala isinya.

Demikian ini juga sebagaimana yang diteladankan oleh Baginda Nabi SAW dalam menjaga lingkungan. Tidak sedikit aya-ayat suci Al-Qur’an dan Hadis Nabi yang menunjukkan akan pentingnya menjaga lingkungan hidup kita di bumi ini.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN