Kisah Kyai Hasyim Asy’ari tentang Wali Qutub Imam Nawawi

 
Kisah Kyai Hasyim Asy’ari tentang Wali Qutub Imam Nawawi
Sumber Gambar: Nadia Isfahani, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam kitab Al-Durar al-Muntatsirah, Hadratussyekh KH. M. Hasyim Asy’ari menulis sebuah kisah kewalian yang cukup langka. Suatu ketika, seorang ulama sholeh bernama Syekh Abul Qasim bin ‘Umair al-Maziyyu bermimpi melihat banyak bendera berkibar dan mendengar suara musik yang ramai sekali.

Syekh Abul Qasim merasa heran dan bertanya-tanya, “Ada apa ini, kok ada keramaian luar biasa?” Kemudian ada yang menjawab, "Pada malam ini, Imam Nawawi dinaikkan derajatnya menjadi wali qutub."

Setelah terbangun, Syekh Abul Qasim merasa bingung karena ia belum pernah mendengar nama Imam Nawawi sebelumnya.

Beberapa waktu kemudian, ketika Syekh Abul Qasim mengunjungi kota Damaskus, Syam (Suriah), ia bertanya kepada penduduk setempat tentang Imam Nawawi. Ia pun mendapat informasi bahwa Imam Nawawi adalah seorang guru di Darul Hadits al-Asyrafiyyah, dan sehari-hari berada di sana. Syekh Abul Qasim segera meminta untuk diantarkan ke Darul Hadits guna bertemu Imam Nawawi.

Sesampainya di sana, Imam Nawawi terlihat duduk di majelis, dikelilingi banyak muridnya. Ketika Imam Nawawi melihat kehadiran tamunya, ia segera berdiri dan bergegas menyambut Syekh Abul Qasim. Imam Nawawi pun berpesan, “Mimpi Anda tempo hari, tolong jangan ceritakan kepada siapa pun selagi saya masih hidup.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN