Atasi Perubahan Iklim, Transisi Energi Mutlak Dilakukan

 
Atasi Perubahan Iklim, Transisi Energi Mutlak Dilakukan

 

LADUNI.ID,EKONOMI -- Perubahan iklim sudah ada di sekitar kita dan di berbagai belahan dunia. Di Perancis, sudah terjadi penurunan ketinggian salju di beberapa pegunungan hingga 40 cm selama 30 tahun terakhir. Peningkatan suhu udara mencapai 1,50 celcius sejak 1990 di daratan Perancis, diiringi penambahan populasi nyamuk demam berdarah di 45 wilayah di daratan Perancis dan terjadinya stagnasi peningkatan produksi pertanian.

Hal ini diungkapkan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean-Charles BERTHONNET pada acara One Hour University yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Jakarta (29/01). Bahkan menurut Berthonnet, perubahan iklim di Perancis akan semakin buruk apabila tidak segera diatasi.

"Pada 2050 diperkirakan hampir 50 persen hutan di Perancis berisiko terbakar serta terjadinya penurunan 2 miliar meter kubik air apabila kita tidak melakukan transisi energi," ungkap Berthonnet.

Transisi energi adalah sebuah strategi pengelolaan energi jangka panjang untuk mengurangi emisi karbon serta meningkatkan penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan. Pemerintah Perancis pun sudah menerapkan transisi energi dengan menetapkan rencana jangka panjang, membangun hubungan yang kondusif dengan melibatkan para stakeholder serta konsisten pada kebijakan yang diterapkan. Diharapkan pada Tahun 2050, Perancis akan mencapai Carbon Neutrality.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN