Abad 6-7 M: Kapan dan dari mana Islam Masuk ke Indonesia?

 
Abad 6-7 M: Kapan dan dari mana Islam Masuk ke Indonesia?
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - "Sejarah mencatat bahwa sejak awal Masehi, pedagang-pedagang dari India dan Cina sudah memiliki hubungan dagang dengan penduduk Indonesia. Namun demikian, kapan tepatnya Islam hadir di Nusantara?"

Masuknya Islam ke Indonesia menimbulkan berbagai teori. Meski terdapat beberapa pendapat mengenai kedatangan agama Islam di Indonesia, banyak ahli sejarah cenderung percaya bahwa masuknya Islam ke Indonesia pada abad ke-7 berdasarkan Berita Cina zaman Dinasti Tang. Berita itu mencatat bahwa pada abad ke-7, terdapat permukiman pedagang muslim dari Arab di Desa Baros, daerah pantai barat Sumatra Utara.

Sumber-sumber yang mendukung masuknya Islam di Indonesia diantaranya adalah:

1. Berita dari Arab

Informasi ini diperoleh dari pedagang Arab yang melakukan perdagangan dengan bangsa Indonesia sejak masa kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 M, yang menguasai jalur pelayaran perdagangan di wilayah barat Indonesia, termasuk Selat Malaka.

Hubungan antara pedagang Arab dan kerajaan Sriwijaya dibuktikan dengan adanya istilah Zabak, Zabay, atau Sribusa untuk menyebut kerajaan tersebut.

Pendapat ini didukung oleh para ahli seperti Crawfurd, Keyzer, Nieman, de Hollander, serta Syeh Muhammad Naquib Al-Attas dalam bukunya "Islam dalam Sejarah Kebudayaan Melayu," dan didukung oleh tokoh-tokoh Islam Indonesia seperti Hamka dan Abdullah bin Nuh.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN