Tahun 2003-2012 M: Membangun Kekuatan GP Ansor dan Pagar Nusa di Sekadau

 
Tahun 2003-2012 M: Membangun Kekuatan GP Ansor dan Pagar Nusa di Sekadau
Sumber Gambar: Laduni.id

Laduni.ID, Jakarta - Pada tahun 2003, Kabupaten Sekadau resmi terbentuk. Meskipun merupakan kabupaten kecil dengan tujuh kecamatan, letaknya sangat strategis karena berada di pusat provinsi Kalimantan Barat.

Emapt tahun setelah berdirinya Kabupaten Sekadau, tak lama setelah terbentuknya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Sekadau, Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) juga membentuk cabang di kabupaten ini. Kepengurusan GP Anshor di Sekadau diresmikan melalui SK penunjukan atau karakter dari Pimpinan Pusat GP Anshor, berdasarkan rekomendasi dari Pimpinan Wilayah GP Ansor Kalimantan Barat yang satu itu dipimpin oleh sahabat Romawi Marthin. Sahabat Tohidin ditunjuk sebagai ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Sekadau.

Meskipun sudah ada kepengurusan du tingkat kabupatenm sebagian besar pengurus awal GP Ansor Kabupaten Sekadau berasal dari Kecamatan Belitang, yang juga dikenal sebagai Tanah Belitang. Begitu ditunjuk sebagai kepengurusan, PC GP Ansor langsung menyelenggarakan program kaderisasi, yaitu dengan melaksanakan DIKLATSAR BANSER (Pendidikan dan pelatihan dasar) angkatan pertama.

Dua tahu setelah pengkaderan pertama, seorang kyai dari Demak bernama Kyai Nurrohman datang ke Sekadau. Ia melakukan perjalanan spiritual, dikenal sebagai riyadhoh tapa kelana, sambil bertukang dan berdakwah.

Dalam perjalanan tersebut, Kyai Nurrohman juga mengajarkan ngaji dan memberikan ijazah amaliyah kepada mereka yang memintanya, salah satunya adalah

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN