Inspirasi Menjadi Muslim Nasionalis

 
Inspirasi Menjadi Muslim Nasionalis
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Hal paling pokok yang diinginkan oleh ajaran Islam bagi para pemeluknya adalah takwa kepada Allah. Adapun nilai negara dan pemerintahan dalam Islam bukanlah tujuan (ghayah), melainkan hanya sebagai instrumen (wasilah) berupa ruang, tempat, dan waktu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Dapat dikatakan, bahwa umat Islam Indonesia mampu bertakwa kepada Allah semaksimal mungkin dalam wadah NKRI, tanpa perlu terlebih dahulu meruntuhkan bentuknya dan menggantinya dalam bentuk negara Islam atau Khilafah Islamiyah, misalnya.

Bentuk negara tidaklah menjadi bagian integral dalam Islam. Bentuk negara merupakan persoalan ijtihadiyah, yakni sangat tergantung kepada kesepakatan para pendirinya. Sehingga bentuk negara dalam perspektif Islam bukanlah persoalan yang baku karena dalam hal ini tidak ada kejelasan, baik bentuk yang dikehendaki maupun pola suksesi kepemimpinannya. Oleh sebab itu, negara tidak harus berbentuk khilafah, apalagi jika harus meliputi setiap jengkal wilayah di seluruh penjuru dunia.

Perkembangan sejarah telah membuktikan, tanpa bisa diingkari, bahwa negara-negara nasional (nation states) telah nyata dibentuk, sehingga mustahil bagi umat Islam untuk menolaknya dan memaksakan negara khilafah yang bersifat universal meliputi seluruh dunia.

Pada saat para pendiri negara ini telah menyepakati bentuk NKRI, misalnya, maka seluruh umat Islam Indonesia tidak perlu lagi menuntut atau memperjuangkan berdirinya negara khilafah atau pemerintahan Islam. Sebab yang terpenting adalah substansi (

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN