Doa Untuk Presiden

 
Doa Untuk Presiden

LADUNI.ID - Dalam al-Quran, di antara surah yang berbicara tentang kekuasaan adalah QS. Yusuf yang merupakan surah ke 12. Surah Yusuf ini adalah satu-satunya surah yang berbicara tentang Nabi Yusuf secara berurutan dari masa anak-anak, remaja, dewasa hingga masa kejayaannya sebagai pejabat Mesir kala itu.

Selain sebagai satunya surah yang khusus tentang Nabi Yusuf as juga kisahnya ini tidak bercampur dengan kisah nabi-nabi lain atau kisah Nabi Yusuf as tidak ditemukan dalam surah-surah lain dalam al-Quran. Inilah kekhususan surah Yusuf.

Ada satu doa yang terdapat dalam surah ini yang menjadi doanya Nabi Yusuf as yang doa ini beliau ucapkan saat beliau sedang berkuasa sebagai pejabat negara yang diucapkannya di istana tempat ia bekerja. Doa tersebut adalah “Tuhan-ku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang saleh.”

Beberapa rumusan penting dikemukakan oleh para ulama berkaitan dengan doa Nabi Yusuf tepatnya pada ayat ke -101. Rumusan tersebut adalah pertama, bahwa apapun aktifitas kita dan profesi apapun sebagaimana di awal doa Nabi Yusuf, akhir dari doanya adalah wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang saleh. Ini menujukkan orientasi akhirat harus menjadi tujuan akhir dari aktifitas dunia kita.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN