Rasulullah Menyukai Amalan yang Dilakukan dengan Konsisten (Istiqomah)

 
Rasulullah Menyukai Amalan yang Dilakukan dengan Konsisten (Istiqomah)
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Umat Islam meyakini bahwa hidup tidak hanya sekali. Setelah meninggal, kelak kita percaya akan ada kehidupan lain yang berbeda dengan kehidupan dunia. Karenanya, kita dianjurkan untuk mempersiapkan bekal dan modal sebanyak-banyaknya guna menghadapi kehidupan di akhirat.

Dalam beramal pun kita berharap agar amalan yang kita lakukan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Meskipun tidak pernah bertemu langsung dengannya, nasihat dan perangai beliau terdokumentasi rapi dalam kitab-kitab Hadis. Di sini bisa dilihat bagaimana keseharian beliau.

Meski amal kebaikan tidak menjamin seseorang kelak digolongkan sebagai ahli surga, tapi Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk selalu beramal baik. Karena dari amal baik itulah kelak rahmat Allah SWT diturunkan, dan semoga dengan itu kita dijadikan sebagai bagian dari ahli surga.

Perlu dipahami, bahwa Islam tidak pernah meminta pengikutnya beramal melebihi kemampuannya. Beramallah sesuai dengan kemampuan. Semasa hidupnya, Rasulullah pun sering mengingatkan sahabatnya yang beramal berlebihan. Mereka beramal sebanyak-banyaknya hingga melupakan hak tubuhnya, yaitu istirahat. 

Dalam Mustakhraj Abi ‘Awanah karya Abu ‘Awanah An-Naisaburi, dikisahkan ada seorang perempuan pernah berkunjung ke rumah Aisyah. Saat itu, perempuan tersebut datang dalam keadaan lemah dan mengantuk.

Rasulullah pun melihat dan bertanya kepada Aisyah, 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN