Makna dan Keistimewaan Khusyuk dalam Ayat-Ayat Suci Al-Qur'an

 
Makna dan Keistimewaan Khusyuk dalam Ayat-Ayat Suci Al-Qur'an
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Pengertian khusyuk sering kali dikaitkan atau diidentikan dengan ibadah shalat. Padahal di dalam Al-Qur’an, kata khusyuk dan segala derivasinya disebutkan sebanyak 16 kali yang terkait dengan berbagai hal. Kata khusyuk di dalam Al-Qur’an mempunyai kriteria yang lebih luas dari sekadar istilah khusyuk yang hanya dikaitkan dengan ibadah shalat. Lalu bagaimanakan pembahasan makna khusyuk yang terdapat di dalam ayat-ayat suci Al-Qur’an?

Kata khusyuk berasal dari bahasa Arab yang merupakan bentuk masdar dari kata (خَشَع - يَخْشَعُ - خُشوعاً) yang berarti tunduk, rendah dan takut. Menurut Ibnu Manzur dalam Kamus Lisanul Arab, kata khusyuk berarti "mengarahkan pandangannya ke tanah" dan "menundukkannya" serta "merendahkan suaranya". Sedangkan, Ibnu Faris berpendapat bahwa kata khusyuk menunjukkan arti ketenangan. Adapun khusyuk menurut Muhammad Sholih Al-Munjid berarti diam, ketenangan, kerendahan diri yang membawa kepada rasa takut kepada Allah dengan perasaan selalu diawasi.

Sederhananya, khusyuk adalah suatu keadaan hati seseorang yang berupa ketenangan, ketundukan, rasa takut, kerendahan diri di hadapan Allah SWT yang nantinya akan memunculkan sikap dalam bentuk fisik, baik berupa ketundukan, kerendahan diri, menundukkan pandangan dan merendahkan suara.

Lebih lanjut, setidaknya terdapat lima makna dan keistimewaan terkait khusyuk yang diterangkan dalam ayat-ayat suci Al-Qur’an. Berikut penjelasannya:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN