Khasiat yang Menakjubkan dari Buah Plum untuk Kesehatan

 
Khasiat yang Menakjubkan dari Buah Plum untuk Kesehatan

LADUNI.ID | - Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin masih terasa asing dengan nama buah yang satu ini yaitu buah plum. Buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat mengatasi berbagai penyakit. Fakta menunjukkan bahwa buah plum yang masih dekat dengan keluarga ceri dan kacang ini kaya akan antioksidan.

Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat buah plum :

1. Menyembuhkan obesitas

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah plum merah untuk diet dapat membantu melawan sindrom metabolisme karena adanya senyawa bioaktif. buah plum mengandung senawa Flavanoid dan fenol yang berfungsi sebagai pencegah obesitas. Manfaat buah plum untuk diet pada akhirnya juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh penderita kelebihan berat badan.

2. Mengontrol diabetes

Khasiat buah plum juga mampu meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang memainkan peranan penting dalam pengaturan kadar gula darah. Flavonoid yang ada pada plum memiliki efek protektif terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Buah plum juga mengandung fiber  yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat setelah makan.

3. Menjaga kadar gula darah

Sebuah penelitian mengharuskan subjek untuk mengonsumsi jus buah plum dan mengonsumsi 2 sampai 3 buah setiap pagi selama 8 minggu. Subyek tersebut dibandingkan dengan kelompok lainnya yang mengonsumsi hanya segelas air putih dalam kondisi perut kosong. Penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang meminum jus buah plum setiap hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan demikian total kolesterol dalam tubuh.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN