Ciri Orang Munafik Menurut Al-Qur'an

 
Ciri Orang Munafik Menurut Al-Qur'an
Sumber Gambar: laduni.id

LADUNI.ID, Jakarta - Janji memang ringan diucapkan namun berat untuk ditunaikan. Rasulullah telah banyak memberikan teladan dalam hal ini termasuk larangan keras menciderai janji dengan orang-orang kafir.

Manusia dalam hidup ini pasti ada keterikatan dan pergaulan dengan orang lain. Maka setiap kali seorang itu mulia dalam hubungannya dengan manusia dan terpercaya dalam pergaulannya bersama mereka, maka akan menjadi tinggi kedudukannya dan akan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Sementara seseorang tidak akan bisa meraih predikat orang yang baik dan mulia pergaulannya, jika ia tidak menghiasi dirinya dengan akhlak-akhlak yang terpuji. Dan di antara akhlak terpuji yang terdepan adalah menepati janji.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Syarat/janji yang paling berhak untuk ditepati adalah syarat yang kalian halalkan dengannya kemaluan.” (HR. Al-Bukhari no. 2721)

Yakni syarat/janji yang paling berhak untuk dipenuhi adalah yang berkaitan dengan akad nikah seperti mahar dan sesuatu yang tidak melanggar aturan agama. Jika persyaratan tadi bertentangan dengan syariat maka tidak boleh dilakukan, seperti seorang wanita yang mau dinikahi dengan syarat ia (laki-lakinya) menceraikan isterinya terlebih dahulu. (Lihat Fathul Bari, 9/218)

Ada beberapa ciri-ciri orang munafik yang perlu kita ketahui, setiap umat Muslim hendaknya berhati-hati dan menjaga diri dari sifat dan ciri dari kemunafikan tersebut. Ciri orang munafik banyak disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits, diantaranya:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN