Bolehkah Mendo'akan Semua Muslim Tanpa Terkecuali

 
Bolehkah Mendo'akan Semua Muslim Tanpa Terkecuali
Sumber Gambar: Ilustrasi berdoa/Monstera /Pexels

PERTANYAAN :
Asalmualaikum. Maaf pada semua kawan tolong jelaskan maksud teks ini yang ada di kitab Nasoihul 'Ibad, halaman 3, terimakasih.

ولا يجوز لشخص أن يدعو لجميع المسلمين بغفر جمييع ذنوبهم أو يدعو لفقير بنحو مائة ديناروليس له جهة يتسهل منها ذلك ويقول هذا من الرحمة بالخلق لأنه مخالف لنصوص الشرع

JAWABAN :
Wa'alaikumsalam warohmatullohi wabarokaatuh. Sebelum masuk pembahasan, perlu difahami dulu apa yang menjadi nash syara', Bahwa Allah SWT dengan sifat adilnya akan mengisi dua tempat di akhirat yaitu syurga dan neraka dengan jin dan manusia. Tidak terkecuali muslim pelaku dosa akan juga merasakan adzab neraka,sebelum pada akhirnya setelah semua dosanya tertebus akan Allah angkat dan di masukkan ke dalam syurga.Yang kekal dalam neraka hanyalah kufar. Itulah nash syara'nya.

Baca Juga: Mahathir Mohamad dan Kyai Ma'ruf Bertemu, Saling Mendoakan untuk Keduanya

Contoh pertama : Jika kita berdo'a untuk seorang muslim atau muslimin agar allah mengampuni seluruh dosa-dosanya tanpa terkecuali, maka tidak akan ada orang muslim yang singgah dulu dineraka dan itu menyalahi nash. Contoh kedua : Memohon atau berdo'a agar si fulan yang faqir diberikan uang seratus dirham atau sebagai contoh lain seratus juta, sedangkan si faqir tidak mempunyai jalan atau usaha yang bisa menghasilkan uang sebanyak itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN