Tahun 1956 M: Kisah KH. Idham Chalid, Pimpin NU Selama 28 Tahun

 
Tahun 1956 M: Kisah KH. Idham Chalid, Pimpin NU Selama 28 Tahun
Sumber Gambar: Laduni.id

Laduni.ID, Jakarta - Tidak banyak orang yang memiliki pengalaman seperti almarhum Mantan Ketua Umum PBNU KH. Idham Chalid dengan berbagai peran dan jabatan yang disandangnya.

KH. Idham Chalid, lahir pada tanggal 27 Agustus 1922 di Setui, dekat Kecamatan Kotabaru, bagian tenggara Kalimantan Selatan. Beliau adalah anak sulung dari lima bersaudara. Ayahnya H. Muhammad Chalid, penghulu asal Amuntai, Hulu Sungai Utara, sekitar 200 km dari Banjarmasin.

Almarhum memiliki pengabdian dan pengalaman yang begitu beragam. Setidaknya KH. Idham Chalid yang telah memimpin NU selama 28 tahun ini dalam karirnya selalu berada dalam tiga sosok, yaitu ketua NU sebagai ormas, NU sebagai parpol dan sebagai pejabat negara. Dia juga pernah memimpin tiga partai yaitu Masyumi, NU dan PPP.

Kyai Idham Chalid adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang pernah menduduki tiga jabatan menteri strategis, yaitu Wakil Perdana Menteri, Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menkopolkam), serta Menteri Sosial.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN