Polemik Kampus Darussalam, Kenapa Harus ada Dikotomi?

 
Polemik Kampus Darussalam, Kenapa Harus ada Dikotomi?

LADUNI.ID, KOLOM- Syeikh Nuruddin Ar Raniry, ahli fikih dari Kerajaan Aceh. Pernah menjadi Qadhiyul Qudhat (Qadhi Malik Al 'Adil) di Kerajaan Aceh pada masa Iskandar Tsani. Tahun 1637 tiba di Aceh setelah banyak menuntut ilmu di pusat-pusat keilmuan kala itu. Bustan Al Salatin adalah salah satu masterpiece-nya. Beliau amat pakar di bidang fikih, demikian juga ahli di bidang keilmuan lainnya. Tulisannya pun di berbagai bidang dengan jumlah karya puluhan.

Teungku Chiek Syiah Kuala atau Syeikh Abdurrauf Singkil (1615-1693). Ulama besar dari Aceh. Asalnya dari Barus, Singkil.  Setelah melanglang buana ke berbagai negara untuk belajar, seperti  Zabid, Yaman, Mekkah dan Madinah, pada 1661 beliau pulang ke Aceh. Beliau sangat populer di bidang tasawuf. Dari sekitar 25 karya beliau, tema tasawuf lebih mendominasi. Beliau juga menulis kitab Mir-at Al Thullab atas permintaan Sultanah Safiyatuddin. Kitab yang berbicara tentang fikih. Karya termasyhurnya adalah Tarjuman Al Mustafid. Beliau dikenal sebagai pelopor Tasawuf dan tokoh pembawa tarikat Syattariyah ke seluruh nusantara. Muridnya yang masyhur di antaranya  Syeikh Daud bin Ismail di Fatani, Syeikh Burhanuddin Ulakan di Padang dan Syekh Abdul Muhyi Pamijahan di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Teungku Chiek Pante Kulu. Nama yang amat disegani Belanda dalam perang Aceh. Lahir pada tahun 1836. Setelah menamatkan pelajarannya di Tiro bersama Teungku Chiek Amin Tiro, beliau belajar ke Mekkah. Saat di Mekkah, beliau mendengar bahwa Aceh sedang diinvansi oleh penjajah, salah satu sahabatnya memimpin perang besar itu, ialah Teungku Chiek Tiro Muhammad Saman; teman sepengajian beliau dulu. Maka pada 1881 beliau pulang. Di tengah kapal antara Jeddah dan Penang beliau menulis Hikayat Prang Sabie. Hikayat yang memangkitkan semangat juang pahlawan-pahlawan Aceh ketika itu.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN