Malam 27 Ramadhan, Malam Lailatul Qadar?

 
Malam 27 Ramadhan, Malam Lailatul Qadar?

LADUNI. ID, HIKMAH-Ramadhan hanya tinggal beberapa hari lagi. Tentunya di antara harapan kita sebagai Muslim dapat mengisi sisa Ramadhan dengan sempurna bahkan kemungkinan malam qadarpun masih terbuka lebar tepatnya malam ganjil dan malam 27 Ramadhan.

Keberadaan malam qadar dan lebih khusus lagi adalah malam-malam ganjil pada rentang tujuh hari terakhir dari bulan tersebut. Ini berdasarkan beberapa hadis Nabi pernah bermimpi bahwa Lailatul Qadar tiba di tujuh hari terakhir. Baginda Rasulullah bersabda, “Aku juga bermimpi sama sebagaimana mimpi kalian bahwa Lailatul Qadar pada tujuh hari terakhir, barangsiapa yang berupaya untuk mencarinya, maka hendaknya dia mencarinya pada tujuh hari terakhir”. (Muttafaqun ‘alaihi dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma).

Sementara itu dalam riwayat Muslim disebutkan juga hadis berbunyi, “Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh hari terakhir, jika salah seorang dari kalian merasa lemah atau tidak mampu, maka janganlah sampai terlewatkan tujuh hari yang tersisa dari bulan Ramadhan”. (HR. Muslim).

Namun lebih khusus lagi malam qadar itu adalah malam 27 sebagaimana sabda Nabi tentang malam qadar, “(Dia adalah) malam ke-27”. (HR. Abu Dawud, dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhuma, dalam Shahih Sunan Abi Dawud).

Sahabat Ubay bin Ka’b radhiyallahu ‘anhu menegaskan, “Demi Allah, sungguh aku mengetahui malam (Lailatul Qadar) tersebut. Puncak ilmuku bahwa malam tersebut adalah malam yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami untuk menegakkan shalat padanya, yaitu malam ke-27”. (HR. Muslim).

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN