Memaknai Hari Raya Idul Fitri

 
Memaknai Hari Raya Idul Fitri

LADUNI.ID - Hari Raya Idul Fitri. memiliki nilai yang sangat berkaitan erat dengan tujuan seorang hamba dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selama 30 hari lamanya melaksanakan puasa Ramadahn tentunya seseorang tersebut menginginkan hasil dari apa yang telah mereka lakukan. Maka Idul Fitri ini adalah puncak dari pencapaian proses yang di lakukan oleh mereka yang melaksanakan ibada puasa se bulan penuh di bulan Ramadhan.  

Dalam penyambutan hari raya idul fitri tidak jarang kita melihat antusias masyarakat berbondong2 memperbaiki rumah, membeli perhiasan, Dll. Ini merupakan budaya yang seolah sudah berakar di masyatakan terkhusus Indonesia. Maka untuk mengimbangi hal tersebut banyak cara agar hari raya tak menjadikan diri kita terlena dan lupa terhadap makna idul fitri itu sendiri.  

Dalam kesempatan ini sidikit saya paparkan terkait pengertian idul fitri. Sebagai acuan bagi kita dalam berhari  raya. 

Secara bahasa (harfiyah), Idul Fitri artinya kembali ke fitrah. Kata fitrah dari kata futhur yang artinya kembali makan pagi (sarapan).

Jadi, Idul Fitri sejatinya bermakna kembali sarapan, tidak seperti bulan Ramadhan yang harus berpuasa.

Ada juga yang memaknai Idul Fitri sebagai kembali ke fitrah, yakni asal kejadian manusia yang suci-bersih dari dosa, layaknya bayi baru lahir.

Pengertian demikian dikaitakan dengan hadits Nabi Saw dari sahabat Abu Hurairah. Ia berkata:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

 

Tags