Menjaga Tradisi Tertib dalam Belajar Keislaman
Laduni.ID, Jakarta - Imam Al-Ghazali dan Ibn Rusyd itu beda generasi, tetapi kritikan Al-Ghazali terhadap filsafat dibantah oleh Ibn Rusyd. Buku dibantah buku. Namun yang menarik, karya monumental Al-Ghazali dalam bidang ushul fiqih, yaitu Kitab Al-Mustasyfa, ternyata dibuat ringkasannya oleh Ibn Rusyd.
Ini artinya Ibn Rusyd bukanlah ‘hater’ dari Al-Ghazali. Tidak mencaci atau membenci. Tetap kritis, tapi juga apresiatif. Saya pernah mengunduh Kitab Ad-Dharuri fi Ushul Al-Fiqhi karya Ibnu Rusyd yang meringkas Kitab Al-Mustasyfa itu.
Menarik bukan khazanah keislaman klasik ini?
Contohnya, Al-Ghazali menulis:
أَمَّا التَّمْهِيْدُ فَهُوَ أَنَّ الْحُكْمَ عِنْدَنَا عِبَارَةٌ عَنْ خِطَابِ الشَّرْعِ إِذَا تَعَلَّقَ بِأَفْعَالِ الْمُكَلِّفِيْنَ
Sedangkan Ibn Rusyd meringkas dan sekaligus memodifikasinya sebagai berikut:
أَمَّا حَدُّ الْحُكْمِ عِنْدَ أَهْلِ السُّنَّةِ فَهُوَ عِبَارَةٌ عَنْ خِطَابِ الشَّرْعِ إِذَا تَعَلَّقَ بِأَفْعَالِ الْمُكَلِّفِيْنَ
Saat Al-Ghazali menyodorkan definisi hukum, beliau menulis kata ‘indana (menurut kami). Kata ini diubah dengan diperjelas oleh Ibn Rusyd, yaitu
Memuat Komentar ...