Menjaga Tradisi Tertib dalam Belajar Keislaman

Laduni.ID, Jakarta - Imam Al-Ghazali dan Ibn Rusyd itu beda generasi, tetapi kritikan Al-Ghazali terhadap filsafat dibantah oleh Ibn Rusyd. Buku dibantah buku. Namun yang menarik, karya monumental Al-Ghazali dalam bidang ushul fiqih, yaitu Kitab Al-Mustasyfa, ternyata dibuat ringkasannya oleh Ibn Rusyd.
Ini artinya Ibn Rusyd bukanlah ‘hater’ dari Al-Ghazali. Tidak mencaci atau membenci. Tetap kritis, tapi juga apresiatif. Saya pernah mengunduh Kitab Ad-Dharuri fi Ushul Al-Fiqhi karya Ibnu Rusyd yang meringkas Kitab Al-Mustasyfa itu.
Menarik bukan khazanah keislaman klasik ini?
Contohnya, Al-Ghazali menulis:
أَمَّا التَّمْهِيْدُ فَهُوَ أَنَّ الْحُكْمَ عِنْدَنَا عِبَارَةٌ عَنْ خِطَابِ الشَّرْعِ إِذَا تَعَلَّقَ بِأَفْعَالِ الْمُكَلِّفِيْنَ
Sedangkan Ibn Rusyd meringkas dan sekaligus memodifikasinya sebagai berikut:
أَمَّا حَدُّ الْحُكْمِ عِنْدَ أَهْلِ السُّنَّةِ فَهُوَ عِبَارَةٌ عَنْ خِطَابِ الشَّرْعِ إِذَا تَعَلَّقَ بِأَفْعَالِ الْمُكَلِّفِيْنَ
Saat Al-Ghazali menyodorkan definisi hukum, beliau menulis kata ‘indana (menurut kami). Kata ini diubah dengan diperjelas oleh Ibn Rusyd, yaitu
UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN
Support kami dengan berbelanja di sini:
Memuat Komentar ...