Pertemuan Trump dan Jong-un di DMZ Dipuji Paus Franciskus

 
Pertemuan Trump dan Jong-un di DMZ Dipuji Paus Franciskus

LADUNI. ID, LADUNI- Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un di puji Paus Franciskus. 

Selanjutnya, ia mengatakan berharap pertemuan itu akan mengarah pada perdamaian.

Pertemuan Trump dan Jong-un, yang berlangsung di Zona Delimiterisasi (DMZ), wilayah yang membelah Korut dan Korea Selatan (Korsel), berlangsung secara mendadak. Pertemuan ini dipersiapkan kurang dari 24 jam.

"Dalam beberapa jam terakhir kita melihat di Korea contoh yang baik dari budaya perjumpaan," kata Paus Francis dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (30/6/2019).

"Saya salut kepada para protagonis, dengan doa bahwa gerakan yang begitu signifikan akan menjadi langkah lebih jauh di jalan menuju perdamaian, tidak hanya di semenanjung itu, tetapi untuk kebaikan seluruh dunia," sambungnya.

Trump dan Jong-un bukan hanya bertemu dengan Jong-un di DMZ. Kedua kepala negara itu juga bahkan menyempatkan diri menyeberang ke sisi Korut dari DMZ. Hal ini, menjadikan Trump Presiden AS pertama yang menginjakan kaki di tanah Korut.

Trump kemudian menuturkan bahwa hari ini adalah hari yang luar biasa bersejarah dan dia merasa terhormat untuk bisa berada di DMZ dan bisa menginjakan kaki di wilayah Korut, walau hanya sesaat.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN