Ziarah di Makam Sayyid Syarif Arif Abdurrahim, Ulama Pejuang dari Pasuruan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Sayyid Syarif Arif Abdurrahim, Ulama Pejuang dari Pasuruan

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Sayyid Syarif Arif Abdurrahim beliau adalah ulama besar yang mensiarkan agama islam di wilayah Pasuruan. Beliau bersama kakaknya Sayyid Sulaiman mensiarkan agama Islam di di wilayah Jawa Timur. Sayyid Syarif Arif Abdurrahim mensiarkan agama Islam di wilayah Pasuruan, sedangkan Kakaknya Sayyid Sulaiman mensiarkan agama islam di wilayah Kraton dengan membabat alas Sidogiri.

Saat itu Banten sedang diguncang perang saudara, mengingat Sultan Ageng Tirtayasa dikhianati oleh Sultan Haji anaknya sendiri. Sultan haji lebih memihak Belanda karena haus tahta dan kekuasaan. Mengetahui hal tersebut Sayyid Sulaiman dan Sayyid Arif lebih memilih untuk berjuang menentang penjajahan Belanda, keduanya lantas bergabung dengan Kekuatan Untung Suropati, yang dikemudian hari Untung Surapati berhasil menjadi Adipati Pasuruan.

Syiar Islam Sayid Arif dikala itu membuat Belanda meradang, santri serta pengikut Sayyid Arif kian lama semakin besar dan membentuk kekuatan yang menentang Belanda. Begitu juga dengan syiar yang dilakukan Sayid Sulaiman, yang bahkan menyebar ke daerah lain di Jawa Timur. Tidak hanya di kawasan Pasuruan, tapi juga sampai Banten. Hingga Sultan Agung Tirtayasa sekitar tahun  1681-an memanggil Sayyid Sulaiman dan Sayyid Arif menghadap ke Kesultanan Banten.

Profil

Syarif Arif Abdurrahim lahir di Cirebon. Beliau merupakan putra kedua dari pasaangan Sayyid Abdurrahman dengan Syarifah Khadijah, cucu Raden Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Saudara-saudara beliau diantaranya: Sayyid Sulaiman (terkenal pendiri pesantren Sidogiri), dan Sayyid Abdul Karim.

Guru-Guru Beliau
1. Sayyid Abdurrahman
2. Sunan Gunung Jati
3. Sayyid Sholeh Semendi

Lokasi Makam

Makam beliau terletak di Desa Segoropuro Kecamatan Rejoso ± 2 km ke arah utara sekitar 10 kilometer arah timur dari pusat kota Pasuruan melalui Jalur transportasi Pantura (Surabaya - Banyuwangi.) Di tempat ini dilengkapi dengan tempat Peristirahatan dan Masjid.

Haul

Haul beliau diperingati pada bulan Jumadil Akhir di Komplek Pemakaman Desa Segoropuro, Kecamatan Rejoso. acara haul diisi dengan
Pembacaan Yasin dan Tahlil, Pembacaan Manaqib beliau, Hadrah, dan Pengajian.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Syarif Arif Abdurrahim banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tidak hanya datang dari wilayah Jombang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek Pemakaman Segoropuro.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam Syarif Arif Abdurrahim, dibukakan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam hajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan derajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan jodoh.

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Pasuruan di antaranya:
Ikan Lempuk Crispy, Permen Jahe, Jamu Kebonagung, Roti Matahari, Bipang Jangkar, Kopi Bubuk Kaspandi, Sirup Pokak, Kerajinan Bordir