Ziarah Makam Syekh Maulana Syamsudin, Waliyullah Shohibul Karomah dari Pemalang

 
Ziarah Makam Syekh Maulana Syamsudin, Waliyullah Shohibul Karomah dari Pemalang

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Maulana Syamsudin berasal dari Baghdad (Irak), dan masih keturunan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani. Pada umur 10 tahun, beliau keluar dari Baghdad menuju tanah Jawa untuk belajar ilmu agama pada Syekh Maulana Maghribi di Tuban dan Gresik, Jawa Timur. Setelah berguru selama 20 tahun, suatu hari beliau diperintah oleh Syekh Maulana Maghribi untuk menyampaikan surat kepada Sunan Gunung Jati di Cirebon.

Menurut beberapa sumber, Syekh Maulana Syamsuddin wafat ketika sedang mengemban tugas dari Syekh Maulana Maghribi untuk mengantarkan surat kepada Sunan Gunung Jati di Cirebon. Dalam perjalanan ke Cirebon, beliau dicegat gerombolan perampok yang mengiranya seorang saudagar. Dalam perlawanan menghadapi gerombolan perampok, beliau wafat terbunuh.

Seperti para ulama dan tokoh yang hidup pada masa itu, Syekh Maulana Syamsudin juga memiliki beberapa gelar nama, di mana gelar nama tersebut menjadi sebuah isyarat, yang menunjukkan bahwa beliau adalah sosok manusia mulia dan agung.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN