Wisata dan Ziarah di Makam Tjokrokusumo Gresik

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Wisata dan Ziarah di Makam Tjokrokusumo Gresik

Sekilas Sejarah

Obyek wisata religi ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung, tidak kurang dari 100 peziarah yang berziarah ke makam beliau setiap bulannya.

Makam R.T. Cokrokusumo berada di Desa Sungai Teluk Kecamatan Sangkapura, tepatnya di area pemakaman umum Nagasare, berjarak kurang lebih 1,5 Km dari pelabuhan Sangkapura. Makam tersebut berada dalam bangunan berarsitektur Jawa (joglo). Di dalam bangunan tersebut terdapat tiga cungkup utama. Makam R.T. Cokrokusumo berada di posisi tengah, diapit dua cungkup lainnya. Selain itu, makam Cokrokusumo juga diberi cungkup dan kelambu berwarna merah muda. Dua sisi nisan bertuliskan aksara arab (kaligrafi) dengan inkripsi yang berbeda.

Kanjeng Rahadian Tumenggung (R.T.) Panji Cokrokusumo merupakan keturunan dari Pangeran Perigi atau yang lebih dikenal dengan Syech Maulana Umar Mas’ud. Beliau juga pernah memerintah Bawean dibawah kekuasaan Cakraningrat di Madura.


Alamat Wisata Ziarah

Makam R.T. Cokrokusumo berada di Desa Sungai Teluk Kecamatan Sangkapura, tepatnya di area pemakaman umum Nagasare, berjarak kurang lebih 1,5 Km dari pelabuhan Sangkapura. Makam tersebut berada dalam bangunan berarsitektur Jawa (joglo).

Di dalam bangunan tersebut terdapat tiga cungkup utama. Makam R.T. Cokrokusumo berada di posisi tengah, diapit dua cungkup lainnya. Selain itu, makam Cokrokusumo juga diberi cungkup dan kelambu berwarna merah muda. Dua sisi nisan bertuliskan aksara arab (kaligrafi) dengan inkripsi yang berbeda.