Ziarah di Makam KH. Abdullah Faqih, Kyai Khos dari Langitan

 
Ziarah di Makam KH. Abdullah Faqih, Kyai Khos dari Langitan

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Abdullah Faqih atau Kyai Faqih adalah ulama besar sederhana, istiqomah, dan alim yang bukan sekadar pandai mengajar, beliau sekaligus menjadi teladan di antaranya selalu shalat berjamaah dan menjaga kebersihan.

Di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dikenal istilah kyai khos atau kyai utama. Kyai Faqih termasuk salah satu kyai khos, syarat kyai khos punya wawasan dan kemampuan ilmu agama yang luas, memiliki laku atau daya spiritual tinggi, mampu mengeluarkan kalimat hikmah atau anjuran moral yang dipatuhi dan jauh dari keinginan duniawi.

Menurut Gus Dur (almarhum), KH. Abdullah Faqih termasuk seorang wali. Kewaliannya bukan lewat tariqat atau tasawuf, tapi karena kedalaman ilmu fiqihnya. Gus Dur sangat hormat dan patuh kepada KH. Abdullah Faqih.

Kyai Faqih merupakan Pengasuh Pesantren Langitan (generasi kelima) sejak tahun 1971, beliau menggantikan KH. Abdul Hadi Zahid yang meninggal dunia karena usia lanjut. KH. Abdullah Faqih didampingi KH. Ahmad Marzuki Zahid, yang juga paman beliau.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN