Hikmah dan Keutamaan Merayakan Peringatan Maulid Nabi SAW Menurut Imam As-Suyuthi

 
Hikmah dan Keutamaan Merayakan Peringatan Maulid Nabi SAW Menurut Imam As-Suyuthi
Sumber Gambar: annahar.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Hikmah dan keutamaan merayakan peringatan Maulid Nabi SAW banyak dijelaskan dalam berbagai kitab karya ulama lintas madzhab. Salah satu ulama yang memberikan keterangan terkait hikmah dan keutamaan perayaan Maulid Nabi SAW adalah Imam Jalaluddin As-Suyuthi.

Di dalam kitab I'anatut Tholibin, Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatho Ad-Dimiyathi mengutip penjelasan Imam Jalaluddin As-Suyuthi tentang keutamaan melaksanakan Maulid Nabi. Dijelaskan bahwa jika dalam rumah, masjid, atau suatu kampung dibacakan kitab Maulid Nabi SAW, maka malaikat akan mengelilingi rumah, masjid, dan kampung tersebut dan memohonkan ampun atas dosa semua penghuninya.

ما من بيت أو مسجد أو محلة قرئ فيه مولد النبي (ص) هلا حفت الملائكة بأهل ذلك المكان وعمهم الله بالرحمة والمطوقون بالنور - يعني جبريل وميكائل وإسرافيل وقربائيل وعينائيل والصافون والحافون والكروبيون - فإنهم يصلون على ما كان سببا لقراءة مولد النبي (ص)

"Tidak ada rumah, masjid, atau tempat di mana dibacakan maulid Nabi SAW, kecuali malaikat akan mengelilingi para penghuni tempat tersebut, dan Allah akan melimpahkan rahmat-Nya kepada mereka. Malaikat yang dimaksud adalah mereka yang dikelilingi oleh cahaya, yaitu Jibril, Mikail, Israfil, Qurbail, Ainail, para malaikat yang berjejer, yang mengelilingi, dan para malaikat Karubiyun. Mereka semua akan mendoakan siapa saja yang menjadi sebab pembacaan Maulid Nabi SAW."

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN